Selasa, 08 Januari 2013

Tipe-tipe Mahasiswa


Mahasiswa, yah siapa sih yang tak kenal dengan yang namanya mahasiswa. Mantan anak-anak sekolahan ini sudah tidak lagi menyebut tempat belajarnya “sekolah” tapi kampus (euyyy...). Dan kalau pagi-pagi mau berangkat kuliah, izin ke ibu & bapaknya begini : “pa, bu., saya mau ‘ngampus’ dulu yah.., assalamu’alaikum..” (hehe, mungkin kali ya).


Ngomong-ngomong tentang kampus, banyak sekali hal yang menarik di sana. Mulai dari dosen-dosennya, dan tentu saja mahasiswanya sendiri. Namanya juga mahasiswa ada yang freshgredueted, akang-akang, bahkan sudah sepuh (bapak-bapak). Dari kesemaunya itu setelah diperhatikan selama perkuliahan, ternyata termasuk ke dalam tipe yang berbeda-beda. Maksudnya tipe-tipe mahasiswa. Apa saja itu??, ini dia sebagai berikut :

1. Tipe Kupu-kupu (kuliah – pulang2)
Tipe ini biasanya mahasiswa yang masih baru yang belum berani mengikuti kegiatan-kegiatan di luar jam kuliahnya. Maklumlah, mereka harus menyesuaikan dulu dengan pelajaran-pelajaran di kampus dan lagi semangat-semangatnya untuk belajar keras dan fokus. Tapi, ada juga mahasiswa lama yang kupu-kupu dengan alasannya yang masing-masing.
2. Tipe Kunang-kunang (Kuliah – nangkring2)
Mahasiswa tipe ini sukanya setiap pulang kuliah langsung ngumpul bareng teman sekelasnya nangkring di suatu tempat kantin, mall untuk sekedar talking-talking tentang kuliah, ngegosip atau main-main.
3. Tipe Kura-kura (Kuliah – rapat2)
Mahasiswa tipe ini biasanya yang ngurus dalam keorganisasian kampus, mereka dikenali oleh orang-orang penting di kampus. Karena tiap kali mau ngadain acara kampus, pasti rapat dan rapat.....terus tiap hari sampai sore bahkan malam tiap pulang kuliah, sampai-sampai ada yang nginap di kampus loh..!!, Bagi mereka kampus adalah rumah kedua.
4. Tipe Kuda-kuda (kuliah – dagang2)
Ini dia tipe mahasiswa yang punya jiwa enterpreneur, mandiri tak mau merepotkan ortu, untuk ini sangat membutuhkan keberanian dan PeDe yang tinggi. Biasanya yang paling umum mereka jualan pulsa elektrik. Tapi ada juga loh.., yang benar-benar dagang dengan membawa tas gede khusus dagangan. Seperti aksesoris, pakaian, dan lain sebagainya. Kadang kalau dosen belum datang, di kelas jadi rame bukan karena diskusi tapi tawar-menawar. Salut banget deh..!!
5. Tipe Kuper (Kuliah - perpus)
Ini dia tipe yang dianggap kutu buku. Mereka yang bertipe ini selalu ke perpus tiap pulang kuliah mau ada tugas atau tidak, tak heran jika IP-nya selalu di atas normal dengan predikat A. Dan sering kali menjadi panutan bagi mahasiswa  yang lain. Hebat euuyy..!!
6. Tipe Kuman (Kuliah – Main)
Tak jarang, ada juga mahasiswa yang seperti ini. Tipe ini biasanya hanya kuliah buat hangout, penuhin absen dengan nitip, cari perhatian dan pacaran deh. Biasanya berpenampilan wah yang berlebihan dan berbeda dari orang kebanyakan. Tapi sah-sah saja, selama tak merugikan diri sendiri dan oarang lain tentunya.
7. Tipe Kumur-kumur (Kuliah – murung2)
Jarang sekali tipe yang seperti ini, tapi ada saja. Mahasiswa yang seperti ini tiap kali masuk kelas seperti tak bersemangat, dan sulit dalam mengikuti pelajaran. Entah apa masalahnya, apakah di rumahnya ada masalah atau apa. Dan tipe ini tidak berlangsung lama jika dibandingkan dengan tipe lain.
8. Tipe Kubur (Kuliah – libur)
Tipe ini kerjaannya kaya puasa senen-kemis, sehari kuliah, sehari libur, dan begitu seterusnya. Biasanya karena mata ada mata kuliah yang tidak disukainya. Walau pun mungkin jarang mahasiswa seperti ini, tapi saya pernah menyaksikan yang seperti ini.
9. Tipe Kumel (Kuliah – damel)
Damel (Sunda) bahasa Indonesianya kerja, tipe ini begitu banyak di kampus saya. Bukan kuliah sambil kerja tapi sebaliknya. Memang pada awalnya mereka yang bertipe ini sebelum kuliah sudah mempunyai pekerjaan. Tipe ini biasanya selesai kuliah langsung menuju kantor, dan terkadang izin pulang lebih awal karannya. Yang lebih lagi, tak jarang mereka sering tertidur di kelas jika habis lembur dan langsung masuk kuliah, bahkan tidak sempat mandi demi kuliahnya agar tidak tertinggal loh.., sungguh hebat ya..!!

Nah, itulah baberapa tipe mahasiswa yang pernah saya observasi. Sebenarnya masih banyak tipe-tipe lain yang mempunyai keunikan tersendiri. Tapi, mudah-mudahan sobat termasuk mahasiswa yang bertipe baik yang bertanggung jawab sebagai mahasiswa. ^_^


Tidak ada komentar:

Posting Komentar