Selasa, 01 Januari 2013

Acara Tahunan di Jepang





1. Oshogatsu (Tahun Baru)
Di perayaan ini biasanya orang-orang pergi ke kuil Shinto dan Budha untuk memohon keselamatan dan kebahagian mereka di  tahun berikutnya kepada para dewa. Dan biasa orang Jepang sering menerima kartu ucapan tahun baru dari orang-orang terdekat pada tanggal 1 Januari.



2. Hina Matsuri (Festival Anak Perempuan)
Pada tanggal 3 Maret, Keluarga yang mempunyai anak perempuan akan merayakannya dengan memajang boneka-boneka Ninaningyoo di rumahnya.
3. Kodomo no Hi (Hari Anak-anak)
Pada tanggal 5 Mei, dirayakan hari pertumbuhan dan kesehatan anak. Dahulu sebenarnya merupakan perayaan untuk merayakan pertumbuhan anak laki-laki saja.

4. Tanabata (Festival Bintang)
Dirayakan pada tanggal 7 Juli, dan merupakan perayaan yang berasal dari Cina yang menceritakan pertempuran Altair dengan Vega yang tinggal di timur barat sungai yang ada di langit.




5. Obon (Festival Bon)
Merupakan perayaan agama Budha, yaitu menyediakan sesaji untuk menyambut kedatangan arwah para leluhur. Dan biasanya orang-orang yang tinggal di kota besar pada hari itu pulang ke kampung halamannya masing-masing yaitu pada tanggal 13-15 Agustus.



6. Otsukimi (Memandang Bulan)
Festival untuk melihat dan menikmati keindahan bulan purnama, yaitu sekitar tanggal 15 September.




7. Oomisoka (Hari Akhir Tahun)
Merupakan hari terakhir dalam satu tahun. Biasanya orang-orang membersihkan rumah dan makan Osechi ryouri (masakan khas tahun baru) sebagai persiapan menyambut tahun baru. Pada tanggal 31 Desember pada pukul 12 malam dibunyikan lonceng besar yang ada di kuil-kuil.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar