Senin, 06 Mei 2013

Tips Untuk Orang Pendiam Agar Tidak Dianggap Sombong


Tips Untuk Orang Pendiam Agar Tidak Dianggap Sombong

Kebanyakan orang yang bersifat pendiam atau pasif kurang pandai bersosialisasi. Karena sifat malu mereka untuk berbicara dengan orang lain. Orang pendiam tidak akan memulai pembicaraan, kecuali lawan bicaranya  yang memancingnya dengan ia memulai pembicaraan. Bagi sebagian orang yang kurang  memahami orang pendiam, menilai mereka sombong! Tapi, tunggu dulu…, tidak semua orang pendiam itu identik  dengan sombong.
Nah, bagi sobat yang merasa pendiam, ada beberapa tips agar sobat tidak dinilai sombong karena sifat pendiam yang dimiliki. Dengan demikian sobat bisa tetap menjadi diri sendiri. Berikut tipsnya di bawah ini :

1.    Senyum, adalah senjata ampuh yang bisa melelehkan hati setiap orang bagai caramel (prikitiiiww). Seorang pemalu biasanya tidak suka dengan basa-basi. Karenanya, senyumlah dengan tulus ketika bertemu dengan orang yang telah kita kenal, sambil menyebut namanya.

2.   Solidaritas, orang pendiam biasanya memiliki pendirian yang keras, individualis tinggi dan tidak ikut-ikutan. Hal itu boleh saja asal tidak berlebihan. Tapi, terkadang kita akan di nilai sombong bagi orang yang tidak mengenal kita. Karenanya kita perlu rasa solid. Misalnya ketika teman memberikan pendapat, kita ikuti saja pendapat itu demi menyenangkannya.

3.  Menjadi Pendengar Baik, terkadang teman kita ada yang suka ngajak ngobrol mengenai suatu hal, kita sebagai orang yang pendiam, jadi pendengar yang baik dan sekali-kali menanggapinya dengan bijak.

4.      Ikut Bercanda, memang ini adalah hal yang paling tidak disukai orang pendiam. Tapi, jika ada teman yang mengajar kita bencanda, sesekali ikutlah bergabung. Misalkan ada teman yang ngomong “ko’ diem aja sih?”, jawab saja dengan santai + senyum: “entar kalo saya ngomong, takut kaliang terpesona dengan suara saya, entar kalian kejang-kejang dan berbusa lagi…” Nah!, dengan begitu mereka akan berpikir bahwa kita juga bisa bersikap hangat.

5.  Berjiwa Sosial, sebagai makhluk sosial pasti kita sering tolong-menolong dengan orang lain. Tapi, ketika kita dianggap sombong, orang lain enggan meminta bantuan kepada kita, padahal kita itu tidak seperti itu, tapi malu dalam memulainya. Terkadang orang pendiam malu untuk meminta bantuan, dan berusaha menyelesaikan persoalaanya sendiri. Tapi jangan samakan jika kita memberikan bantuan, jika ada yang meminta usahakan selalu katakana “boleh”.

6.      Berkoar Via Tulisan, orang pendiam memang jarang berbicara yang tidak penting (basa-basi), padahal mereka itu ingin, tapi malu untuk memulai & mengatakannya. Jika memang seperti itu, kita harus berbasa-basi (bercanda) melalui tulisan. Contohnya via sms & media sosial. Jika kita bicara mungkin kita malu untuk berekspresi, tapi cobalah dengan via tulisan dan menyisipkan emoji. Dengan begitu mereka akan faham dengan sifat kita.

Nah itulah beberapa tips singkat agar sobat yang pendiam tidak dianggap sombong, dan sebenarnya tips yang pertama merupakan senjata yang paling ampuh unntuk menagkal tuduhan sombong kepada orang pendiam. Lebih ampuh dari pada penangkal petir yang cetar membahana sekalipun loh… Sobat Biru. Dan ini dialami oleh penulis sendiri. Tapi tips-tips yang lain pun tak kalah membahananya. Oke, semoga bermanfaat, keep smile ok?! ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar